Alasan Bocchi The Rock! Kalahkan Rating Chainsaw Man di Situs MyAnimeList

Bocchisaurus

Wartanime
- Siapa yang tidak tau tentang dua seri anime populer Bocchi The Rock! dan Chainsaw man yang sempat menggegerkan media sosial akan kiprahnya pada musim dingin 2022 kali ini.

Pertarungan popularitas ini dimulai dari banyak meme antara kedua anime tersebut yang beredar di internet, diramaikan pula antara deklarasi dari fandom Chainsaw man sendiri sebelum anime mereka tayang, banyak yang mengatakan adaptasi Chainsaw man akan menjadi anime pamungkas musim dingin 2022.

Tapi nyatanya lawan yang muncul bukanlah dari franchise serial besar, akan tetapi Underdog musim dingin yang tak diduga-duga serialnya sangat menghibur dan segar, Bocchi The Rock! Anime CGDCT bertema Music.

Rating Bocchi The Rock dan Chainsaw Man di Top Anime MyAnimeList
Keduanya sangat kokoh dipuncak peringkat anime bulanan serta rating anime mereka terbilang cukup tinggi menyentuh angka 8.8 keatas berada di bawah peringkat pertama musim tersebut, Bleach (Thousand year blood war) di situs MAL (MyAnimeList).

Walaupun sudah diprediksi banyak orang bahwasanya rating Chainsaw man akan berada antara nomer 1 atau 2 di musim dingin tersebut, tetapi pada  18 Desember Bocchi The Rock! nampaknya mengambil tahta nomer ke-2 itu dari Chainsaw man.

Rating Bocchi The Rock dan Chainsaw Man di Top Fall 2022 Anime MAL

Bukan berarti Chainsaw man kualitasnya lebih rendah dari Bocchi The Rock! Itu sendiri, tapi kita perlu tau demografi para penonton anime itu sendiri terlebih dahulu.

Mari melihat dulu kiprah Chainsaw man terlebih dahulu, Chainsaw man yang diadaptasi dari manga karya Tatsuki Fujimoto sudah mendapatkan popularitasnya jauh sebelum animenya yang digarap oleh MAPPA studio.

Poster Anime Chainsaw Man

Popularitasnya manganya tersebut nampaknya memberi dampak yang cukup signifikan dalam penayangan animenya itu sendiri, karena pada dasarnya banyak fans atau penikmat anime manga yang sudah tau alur dan ending macam apa yang ada di seri anime Chainsaw man. Oleh karena itu daya gebrak sebagai unsur utama pematik alur yang tak terduga, akhirnya sudah diketahui sendiri oleh para penikmatnya.

Sedangkan Bocchi The Rock! diadaptasi dari manga karya Aki Hamaji yang baru memiliki volume ke-4. Sangat berbeda dengan Chainsaw man, hanya sedikit yang tau sumber utama dari cerita Bocchi The Rock!. Sehingga dari aspek tersebut studio CloverWorks bisa memberikan sebuah impresi segar penuh kepada para penikmat anime.

Parodi Chainsaw Man oleh Bocchi The Rock (Sumber: https://knowyourmeme.com/photos/2474330-bocchi-the-rock)

Untuk kualitas adaptasi animenya sendiri, dari pihak Chainsaw man benar-benar TOP dengan kualitas grafis yang sangat memuaskannya walaupun dengan pengerjaan karakter 3D, mulai dari cinematography yang ciamik serta ditambahkan scoring yang sangat pas dengan nuansa animenya tersebut.

Sedangkan Bocchi the rock! adaptasi animenya sangat memiliki nuansa fun, terlihat dari scene komedi yang diberikan nampak chaotic dan tidak bisa ditebak seperti apa punchlinenya. Alurnya yang terkesan fun mulai dibuat ombak drama, oleh karena itu kita sebagai penonton sendiri sulit menebak apa yang akan tersaji pada setiap episode Bocchi The Rock! Itu sendiri.

Ada juga beberapa alasan subjektif dari mayoritas penikmat anime, seperti direksi anime Chainsaw man yang lebih terlihat seperti cinema film papan atas Hollywood, dimana teknik pengambilan gambarnya dan bagaimana alurnya yang berjalan seperti itu. Hal tersebut nampaknya kurang disukai oleh para penikmat anime mainstream, karena bisa dikatakan mereka jarang melihat direksi cerita seperti itu.

Bocchi The Rock! sendiri dibuat seperti seri anime kebanyakan namun lebih asik dan santai. Hal itu tak luput dari kerja keras para staff CloverWorks yang mengerjakan anime terbaru dengan memberikan konsep yang unik dan fresh.

 

Cuplikan Bocchi Pingsan di Episode 4

Dari beberapa alasan di atas bisa terlihat sedikit apa yang membedakan mereka, walaupun memang membanding-bandingkan kedua anime ini memang bukan hal yang tepat.

Tapi kedua anime tersebut punya kualitas dan keunikannya masing-masing, dan sangat menghibur para penikmat anime terlepas dari kontroversialnya drama yang beredar dalam lingkup komunitas-komunitasnya.

Denji dan Power di Anime Chainsaw Man

Akhir kata ini hanya opini saya sebagai penulis serta lebih baiknya tidak usah terlalu memperdulikan rating ketika ingin menonton sebuah anime, nikmatilah hal tersebut tanpa terpengaruh opini-opini orang lain.

- Admin Rosie

Posting Komentar

0 Komentar